2008-08-06

Indonesia Belum Merdeka

17 Agustus mungkin bagi semua rakyat Indonesia adalah hari yang begitu bersejarah, karena pada tanggal itu bangsa ini mendapatkan kemerdekaannya walau menurut sebagian orang kemerdekaan itu adalah hadiah dari penjajah. Akan tetapi perdebatannya bukan disana (ini menurut pandangan subyektif pemula). Pertanyaan sekaligus perdebatan yang tepat untuk kita layangkan adalah sudah 63 tahun bangsa ini mendapatkan hadiah tersebut, akan tetapi perubahan secara signifikan belum ada. Perubahan sampai hari ini oleh sebagian orang masih berbentuk struktural atau perebutan kekuasaan semata, siapa yang dijatuhkan dan siapa yang akan menggantikan..
Padahal bangsa dengan begitu besar pulau dan indah ini tidak memerlukan perdebatan seperti itu, hal nyata dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah hal paling mendasar untuk dilaksanakan. Berbicara perwujudan kesejahteraan rakyat tidak bisa dilihat dengan sebelah mata atau setengah-tengah, perwujudan kesejahteraan bangsa harus dilihat secara konfrehensif dan lugas. Kenaikan harga BBM. Biaya Pendidikan yang mahal, perekonomian rakyat kecil yang semakin hari semakin melemah, penangkapan dan pemukulan para penggiat sosial dan aktivis gerakan mahasiswa serta lain-lainnya merupakan bagian-bagian yang tidak bisa dipisahkan begitu saja.
Secara kasat mata memang persoalan-persoalan bangsa ini terlalu banyak sehingga memerlukan waktu dalam penyelesaian. Padahal kalau kita mau jujur persoalan besarnya atau kontradiksi pokoknya ada pada menyembahnya pemerintah bangsa ini kepada kepentingan IMPERIALISME di bawah pimpinan Amerika Serikat (AS). Ini terbukti dengan ketidak beranian Pemerintah mengambil sikap pada pertemuan WTO di Hongkong desember 2005 yang pada akhirnya Pendidikan sebagai ujung tombak peradaban bangsa menjadi Mahal dan sulit dijangkau oleh anak-anak buruh, petani, nelayan dan rakyat kecil lainnya.
Selain itu, APBN kita pada tahun 2005/2006 sekitar 40% hanya digunakan untuk membayar hutang dan hutang, kemudian sektor Anggaran Pendidikan 20% hanya mimpi bagi rakyat kecil terbukti sampai tahun 2008 ini hanya 11,5% (kurang lebih) yang dianggarkan padahal kalau pemerintah kita mau serius mengurusi pendidikan, maka pemerintah hanya perlu menganggarkan 70 triliun rupiah hanya untuk pendidikan dan itu sudah include semuanya (operasional, dll).
Yang lebih mengherankan adalah kekayaan alam bangsa ini dikeruk habis oleh Top One Oil, Freeport, Newmont, Exon Mobile (pokoknya negara-negara G-8,Paris Club,dll) dan rakyat Indonesia hanya menjadi buruh disana dengan gaji yang murah. Kasus Newmont di NTB, warga pribumi hanya satu orang yang memiliki gaji 32 juta rupiah perbulan namun dengan resiko kerja 99% karena bekerja diterowongan bawah tanah..apabila hitung secara matematika, maka gaji itu hanya untuk membayar asuransi nyawa yang dimiliki oleh karyawan Newmont NTB ini. Kalau alasannya adalah Sumberdaya Manusia kita kurang memadai, maka pertanyaan baliknya kenapa Pendidikan Mahal, kenapa harus orang luar yang kerjakan hal kecil, kenapa kalau ingin melamar kerja harus antri???semua pertanyaan itu adalah jawaban dari alasan tidak rasional tersebut.
Sehingga kemerdekaan Indonesia yang telah diperjuangkan oleh Para Pahlawan bangsa ini menjadi sia-sia karena Indonesia sekarang kembali lagi dijajah secara modal dan pikiran...Lalu kapan Indonesia MERDEKA secara total. Mari Kita Renungkan Bersama..........
Tulisan ini merupakan rangkuman dari beberapa catatan tentang analisis ekonomi politik dan review pemerintahan SBY-JK selama 4 tahun..


Artikel Terkait:

23 comments:

Salam Demokrasi
Perjuangan massa memang memiliki hambatan dan rintangan yang begitu besar, namun jelas Pendidikan Ilmiah, Demokratis, Mengabdi Pada rakyat adalah sebuah keniscyaan..jangan pernah menyerah dan tetap maju karena gelora perjuangan massa sudah semakin besar..
Salam Demokrasi

Bung yg jadi Sekjend Pusat karang kawan AAN..
di sms yach

wah nice post nih rangkuman analisis ekopol di masa pemerintahan sby -kalla....

Wah.. nice post bro..

begitulah, sekarang merdeka hanyalah sebatas kata sakral lambang kedigjayaan masa lalu..

Mari berbuat untuk negeri ini..

kira-kira kapan ya indonesia bisa merdeka secara total..?
kayanya untuk generasi kita blum dech,?

merdeka itu pilihan...merdeka itu tuntutan..merdeka itu beban, merdeka itu juga...tidak mau dijajah...merdeka...indonesia...merdeka..kita dari tirani yang merajai pikiran,

menurut saya, paling tidak merdeka dari ke-egois-an diri sendiri dulu... yakni berusaha untk melawan rasa malas, sombong, curiga, iri, cemburu, dll...

sprti yg prnh dktkan olh Thomas Sinclair; orang yg hebat ialah orang yg bisa bisa mengalahkan dirinya sendiri...

berat nih...pokok nya merdeka aja deh buat diri sendiri, tegakkan bendera kita di atas kepala..(piye to?)

Merdeka, selamat menyambut 17 Agustus buat kita semua.

Memang betullah yg kam katakan itu, kita blm pernah merdeka.

...Semoga suatu hari nanti, kemerdekaan itu bisa kita rasakan..

Buat Lita..Pake Mozzilla Ya jangan Pake Opera.

Tetap semangat..meski bumi pertiwi terkoyak oleh tangan2 jahat.,,,eh ngomong...adalah bijak enggak? golput di pemilu nanti? habis udah muak dengan janji2 politisi.

Buat Anirmana
GOLPUT atau ga pada PEMILU 2009 adalah hak anda, saya tidak ingin mengajak anda, namun anda analisis sendiri dan cerna dengan segala daya pikir anda bagaimana kondisi saat ini.
Hanya itu yang bisa saya katakan

kemerdekaan yang kau harapkan itu buatku hanya lah racun..... dasar dari kemerdekaan buatku adalah peluang untuk berbuat. jika semua menjadi baik, semua menjadi rapi, lalu buat apa kita ada.....apakah kita tenang jika tak ada yang kita kerjakan.... apakah ada kebanggaan bagi warga negara yang hanya tidur dan mendapatkan kesejahteraan.sekaranglah kemerdekaan itu. karena banyak peluang menjadi pahlawan....

saya orang baru
saya sangat sepakat dengan pemaparan yang anda berikan terkait masalah ini, namun saya tidak melihat (maaf) analisa yang tajam dengan jawaban dan tawaran mumpuni dalam posting ini. membuat orang berpikir mungkinmenarik, namun ditengah pembodohan yang ada saat ini, baik oleh lembaga legal-no legal, membuat saya miris kalau akan banyak orang yang merenungkannya....mav lho bosss,,,,he...he..

MERDEKA!!!

according to me, merdeka tu...merdeka broth, jd apapun kondisi negara kita saat ini tu tgl 17 ntar musti tetep dirayain..

tingkatkan rasa nasionalisme

PLUR

betul bro, indonesia belum merdeka, lha wong aturan perundang-undangannya aja masih pake peninggalan kompeni doeloe. Apalagi ekonominya ... uh ... ga tau deh nasib anak cucu kita nanti, jangan-jangan pada jual pulau buat bikin balance debet dan kredit APBN, Hukum ... uhhh ... supermasinya dah ancur.

Tinggal kita nih bro, jangan cuma ngomong doang (kayak saya, he he he). cari solusi kek atau apalah, bikin negara kita betul-betul merdeka.

Setuju ngga bro .... NGGAAAAKKKKK ....

Salam Blogger

kenapa Pendidikan Mahal:

"Pendidikan memang mahal kok mas... itu hal yang wajar... tapi masalahnya di Indonesia, mengapa nggak ada perbedaan pembayaran buat si kaya dan si miskin, tak seperti di Amerika & negara-negara maju lainnya. Misalnya, Di AS ada istilah student loan buat mahasiswa nggak mampu dimana mahasiswa bisa meminjam uang ketika kuliah dan mengembalikannya setelah lulus, seperti Barack Obama yang masih punya tunggakan USD 9550 terhadap Harvard Univ.

Kalo toh ada sistem kayak gitu, pelaksanaannya payah. Seperti di kampus saya, mahasiswa baru mengundurkan diri 20% lantaran advokasi beasiswa yang payah. Jadi menurut saya, emang birokratnya yang harus di'mutilasi' huehuehuehue..."

kenapa harus orang luar yang kerjakan hal kecil

"Nggak ngeti maksudnya saya... hihihihi" T_T

Kenapa kalau ingin melamar kerja harus antri???

"Soalnya manusianya kebanyakan, dan segalanya terpusat di Jakarta. Sementara sektor riil nggak optimal..." :p


eniwei blognya tambah bagus mas...

^_^

ikutan ah...
setuju deh kalo kita emang blm bs dikatakeun blm merdeka, soalnyakan emg kita masih di jajah oleh diri kita sendiri, eh bener gak ya,,
^_^
ya pokoknya walaupun belum bisa dikatakeun blm merdeka tetapi kita harus teteup berkarya n sllu bs mmbntu smuanya..!!
SMANGAD

setahuku bukan Indonesia telah merdeka atau belum. Tapi mahluk yang bernama merdeka itu kok gak mau mampir walau sebentar ke negra yang bernama indonesia.

Yup, betul, emang Indonesia belum merdeka. dan Nggak tau kapan merdekanya. Jadinya, kalau pingin merdeka ya dari diri masing-masing dulu harus memerdekakan diri dan hatinya dari 'perbudakan'. Anak-anak saya yang masih SD saja sering komen kalau "Kita ini belum merdeka Ya, Ma?!!!

Menurut saya sih MERDEKA itu cuma propaganda politik aja. Selama manusia itu hidup di dunia yah gak ada merdekanya.

Saya juga belum merdeka nih. Tapi sekali merdeka ya tetap merdeka! hehe ... meskipun harus banting tulang cari sesuap nasi.

+ Arvan.. Kata siapa merdeka cuman propaganda? apa anda gak pernah menitihkan air mata dengan mengucapkan kata2 tersebut. lihat bagaimana perjuangan para pahlawan dahulu, demi merdeka mereka rela mati... apa itu yang bisa anda ucapin...

"Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya, untuk INDONESIA...". Negara kita "masih terjajah" namun para petinggi bangsa juga sedang menjajahkan dirinya dengan keinginan mereka masing2. Banyak yang hanya membangun badan-nya saja namun lupa membangun jiwa.

Post a Comment